Senin, 15 Oktober 2012

STRUCTURED QUERY LANGUAGE









DISUSUN OLEH      : ENDAH PURNAMASARI
Alamat Blog               : purnamakue.blogspot.com
NIM / Kelas               : 12.12.0017  / SI 12 A


STMIK AMIKOM PURWOKERTO
Jl. Let. Jend. Pol. Sumarto Purwokerto Telp/Fax. (0281) 623 321

Soal/Permasalahan
SQL(Structured Query Language)
SQL merupakan subbahasa pemrograman yang khusus dipergunakan untuk memanipulasi basis data.
Bahasa yang mendukung SQL antara lain : V Basic, C++ Builder,Delphi, Oracle, MySQL,PostGreeSQL,JAVA,dll
Perintah Perintah dalam Data Base 
Perintah-perintah dalam SQL bisa disebut dengan query.
Ada tiga sub perintah:
1.  DDL -> Data Definition Language
2.  DML -> Data Manipulation Language
3.  DCL -> Data Control Language
       I.            Data Definition Language
Ini adalah perintah dasar untuk membangun kerangka nya database, seperti:
CREATE: perintah ini digunakan untuk membuat. Membuat database baru, view baru, kolom, dll.
ALTER: perintah ini digunakan untuk mengubah strukturnya tabel yang sudah jadi sebelumnya.Seperti mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom,bisa juga untuk memberikan atribut pada kolom. DROP: perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.


    II.            Data Manipulation Language
Ini adalah perintah untuk memanipulasi data dalam database yang sudah dibuat. Perintah-perintahnya seperti:
INSERT: perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukan databaru ke dalam tabel.
SELECT: perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari suatu tabel.
Data yang kita ambil bisa kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara langsung atau melalui tampilan aplikasi.
UPDATE: perintah ini digunakan untuk memperbarui data lama menjadi data baru.
DELETE:  perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel.

 III.            Data Control Language
DCL adalah bagian inti dari SQL (Structured Query Language) yang mempunyai kemampuan untuk mengatur hak akses terhadap sebuah basis data (database).






Landasan Teori

Sejarah SQL dimulai dari artikel seorang peneliti dari IBM bernama EF Codd yang membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan Juni 1970. Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL (Structured English Query Language).
Setelah terbitnya artikel tersebut, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun mengubahnya menjadi SQL. Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R.
Di akhir tahun 1970-an, muncul perusahaan bernama Oracle yang membuat server basis data populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya. Dengan naiknya kepopuleran Oracle, maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data.
Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML). Implementasi DDL dan DML berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data (SMBD), namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan ANSI. Artikel ini akan menggunakan bentuk paling umum yang dapat digunakan pada kebanyakan SMBD.



Pembahasan SQL
SQL adalah salah satu DBMS (database management system) yang saat ini banyak digunakan untuk operasi basis data dan embedded (ditempelkan) di hampir semua bahasa pemrograman yang mendukung basis data relasional.
Kategori
SQL memiliki 3 kategori perintah
  1. Data Definition Language (DDL), yakni perintah-perintah yang digunakan untuk mendefinisikan (menciptakan, tambah/mengubah/hapus) sturktur data/tabel.
  2. Data manipulation language (DML), yakni perintah yang digunakan untuk memanipulasi database (melihat, menenusuri, filtering, summarize, perhitungan, dll).
3.      Data Control Language (DCL, digunakan untuk mengendalikan database).
Keunggulan:
- Memiliki sistem sekuriti yang cukup baik
- Mendukung ODBC untuk sistem Microsoft Windows

Kelemahan:
- Mahal




Kesimpulan

SQL adalah kepanjangan dari Structured Query Language yaitu bahasa yang dirancang khusus untuk komunikasi dengan database. Tidak seperti bahasa-bahasa lainnya (seperti bahasa C#, basic, pascal atau bahasa pemprograman yang lain) Bahasa SQL sengaja di rancang untuk melakukan hal secara sederhana dan efisien untuk membaca dan menulis data dari suatu database.
Statemen SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti melakukan update terhadap database, atau mengambil data dari sebuah database. Beberapa database relasional yang menggunakan SQL dan cukup ngetop adalah: MySQL, Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres, dll. Meskipun sebagian besar sistem database menggunakan SQL, namun sebagian besar dari mereka juga memiliki ekstensi khusus yang hanya bisa digunakan di sistem masing-masing. Namun demikian, perintah standar SQL seperti “Select”, “Insert”, “Update”, “Delete”, “Create”, dan “Drop” dapat digunakan untuk melakukan hampir semua hal yang perlu dilakukan terhadap sebuah database.














Daftar Pustaka
Structured Quey Language.at
http://imam2net.web.id/2011/11-pengertian-dan-fungsi-sql-atau-mysql.html  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar