Kamis, 11 Oktober 2012

TYCHE PLANET BARU DALAM TATA SURYA
Daniel Whitmire seorang peneliti dari Universitas Lousinia Lafayatte di Amerika. Dia adalah salah satu peneliti yang percaya bahwa kumpulan data-data miliknya, kemungkinan merupakan jawaban keberadaan sebuah planet dalam tata surya. Bukti-bukti sudah terkumpul lewat hasil observasi teleskop NASA, WISE. Dan data ini nantinya bakal dipublikasi.
Sejumlah astronom meyakini bahwa mereka telah menemukan planet baru dalam tata surya. Ukuran planet itu lumayan besar. Sekitar empat kalinya dari pada planet yupiter. Dan lokasinya sangat jauh dari matahari. Untuk sementara planet itu diberi nama Tyche. Diambil dari nama dewi Yunani yang menentukan nasib suatu kota. Tyche ini diduga merupakan planet gas raksasa, sejenis dengan Jupiter, di mana menyusun utamanya adalah Hidrogen dan Helium. Atmosfernya sama miripnya dengan atmosfer Jupiter.
Menurut hasil observasi, jarak Tyche dengan matahari mencapai 15.000 kali dari jarak Matahari-Bumi atau 375 kali jarak Matahari-Pluto. Dugaan kuat terdapat di bagian luar awan Oort, sebuah wawasan “terpencil” di tata surya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar